Photobucket
Photobucket

Senin, 16 April 2012

Sejarah Musik Rocksteady


Rocksteady adalah genre musik yang berasal dari Jamaika sekitar  tahun 1966. Sebuah pengganti Ska, dan pelopor untuk Reggae, Rocksteady dimainkan oleh kelompok harmoni vokal Jamaika seperti The Gaylads, The Maytals dan The Paragons. Istilah rocksteady berasal dari gaya tarian yang disebutkan dalam lagu Alton ellis "Rock Steady". Tarian untuk Rocksteady kurang energik daripada tarian Ska sebelumnya. Hit rocksteady internasional pertama adalah "Hold Me Tight" (No. 5 di Inggris dan AS) dengan penyanyi soul Amerika “Johnny Nash” (1968).

Sebagai gaya musik populer, Rocksteady berumur pendek, dan ada hanya untuk sekitar dua tahun - musim panas 1966 sampai musim semi 1968. Sekitar waktu ini orang-orang muda dari pedesaan Jamaika telah membanjiri ghetto perkotaan Kingston - di lingkungan seperti Riverton City, Town dan Greenwich Trenchtown. Meskipun sebagian besar negara itu optimis dalam iklim pasca-kemerdekaan segera, pemuda ini dilanda kemiskinan. Banyak dari mereka menjadi nakal yang memancarkan gaya tertentu. Para pemuda ini dikenal sebagai RudeBoy.

Alton Ellis kadang-kadang dikatakan sebagai ayah dari rocksteady untuk hit-nya "Girl I've Got a Date", tapi kandidat lainnya untuk single rocksteady pertama "Take It Easy" oleh Hopeton Lewis, "Tougher Than Tough" oleh Derrick Morgan dan "hold them" oleh Roy Shirley. Dalam sebuah wawancara radio Jamaika, pianis Gladstone Anderson mengatakan bahwa pemimpin band Lynn Taitt adalah orang yang melambatkan beat ska pada tahun 1964 selama sesi rekaman "Take It Easy". Produser rekaman Duke Reid merilis Alton Ellis “Girl I've Got a Date "pada label nya Treasure Isle, serta rekaman oleh The Techniques, The Silvertones, The Jamaican dan The paragons. Reid bekerja dengan kelompok-kelompok ini membantu mendirikan suara vokal Rocksteady. artis solo terkenal termasuk Delroy Wilson, Ken Boothe dan Phyllis Dillon (dikenal sebagai "Queen of Rocksteady"). Lain musisi yang penting dalam menciptakan Rocksteady termasuk gitaris Lynn Taitt, pemain keyboard Jackie Mittoo, drummer Winston Grennan, bassis Jackie Jackson dan pemain saksofon Tommy McCook.



Alton Ellis
Meskipun berumur pendek, pengaruh Rocksteady cukup besar. Banyak seniman reggae dimulai pada rocksteady (dan / atau ska) - penyanyi paling umum reggae tumbuh dari kelompok rocksteady misalnya: Junior Byles berasal dari 'The Versatiles', John Holt 'The Paragons', baik Pat Kelly dan Slim Smith bernyanyi dengan ' The Techniques' (Pat Kelly bernyanyi di 'You Don't Care') dan Ronnie Davis dalam 'The Tennors' sementara Winston Jarrett berada di 'The Righteous Flames’. 'The Wailing Wailers' trio harmoni vokal yang berasal dari ska, melalui rocksteady (meskipun Bob Marley bekerja di sebuah pabrik perakitan mobil di Amerika untuk sebagian tahun 1967 - yang menjelaskan mengapa ada beberapa lagu rocksteady dari Wailers ') dan menjadi sebuah band reggae hanya dengan satu vokalis utama.

Karakteristik Rocksteady


Rocksteady menggunakan beberapa elemen suara RnB dan ska. Satu elemen ritme offbeat; dua atau tiga akord utama yang dimainkan oleh gitar, menciptakan suara yang jernih, bersemangat, dan biasanya bernada tinggi. Rocksteady lebih lambat dan lebih santai daripada ska. Snare drum memiliki peran penting dalam ketepatan waktu, ditandai dengan mengalahkan berat pada ketukan ketiga setiap bar ('one drop'). bass ini lebih berat dan lebih menonjol daripada di ska, dan garis bass menggantikan gaya berjalan dari ska yang lebih rusak, angka syncopated. Rocksteady mengurangi (tapi tidak menghilangkan) penggunaan alat tiup, melainkan, gitar listrik, bass, dan piano menjadi lebih menonjol. Gitar listrik memainkan melodi utama, juga meniru garis bass. Bass listrik adalah instrumen berirama utama, membantu menciptakan lebih penuh suara perkusi. Gitar dan piano mengintegrasikan aksen ke dalam musik.

3 komentar:

Unknown mengatakan...

mantep
lumayan buat tambah2 ilmu pengetahuan,kamsia sodaraaaaa...
:P

Unknown mengatakan...

mantep
lumayan buat tambah2 ilmu pengetahuan,kamsia sodaraaaaa...
:P

Irie Magz mengatakan...

Sama2 Brader Riek Novanda :)

Posting Komentar

Komentar Anda!!!

 
Photobucket
Photobucket