Photobucket
Photobucket

Jumat, 09 September 2011

The Father of Reggae!


 

Joe Higgs (Joseph Benjamin Higgs) yang lebih dikenal dengan julukan "The Father of Reggae"  lahir  pada tanggal 3 Juni 1940 di Jamaika, Joe meninggal di usia 59 Tahun di sebuah Rumah sakit di  Los Angeles. pada Sabtu, 18 desember 1999. setelah beberapa bulan menjalani pengobatan penyakit kanker yang dideritanya.

Joe Higgs mempunyai pengaruh penting dalam kelahiran musik Ska, Rocksteady, Reggae di Jamaika. dia tergabung dalam Duo Higgs & Wilson yang di Manajeri oleh Edward Seaga, Seorang Produser & Pengusaha (yang kemudian menjadi Perdana Menteri Jamaika di tahun 1980). debut singlenya dirilis di tahun 1960an berjudul "Oh Manny Oh" terjual lebih dari 50.000 eksemplar di Jamaika. pada tahun 1964, Duo Higgs & Wilson Bubar karena Wilson bermigrasi ke Amerika. Joe kemudian fokus berkarir solo dan juga bekerja dengan Carlos Malcolm dan Afro-Jamaican Rhythms, sebelum bergabung dengan Lynn Taitt di The Soul Brothers sebagai vokalis.


Debut albumnya dimulai di tahun 1972  dengan judul Life of Contradiction, dibawah naungan perusahaan Rekaman, Island Record. Album ini baru diliris di tahun 1975 oleh Micron Music. karena Chris Blackwell sebagai Pemimpin Island Record merasa bahwa Album ini akan sulit diterima di pasaran pada tahun itu. Album keduanya, Unity Is Power, dirilis pada 1979 dan pada tahun 1983 mengeluarkan Single "So It Go", Rilis terakhir ini menyebabkan masalah Joe dengan pemerintah Jamaika, sebuah lagu dengan lirik kritis terhadap pemerintah Jamaika. lagu itu dilarang diputar, dia meninggalkan Jamaika dan menetap di Los Angeles  selama sisa hidupnya. setelah itu dia merilis dua album di tahun 1980-an, Triumph (1985) dan Family (1988). Lanjut di 1990-an dia merilis Album "Blackman Know Yourself" yang didukung oleh Band Wailers. Album ini menampilkan lagu paling terkenal dari Joe, "Stepping Razor" lagu yang sempat menjadi masalah dengan salah seorang muridnya, Peter Tosh. "Stepping Razor" adalah lagu ciptaan Joe yang sempat direkam oleh Peter Tosh tanpa melibatkan Joe, meskipun Joe menang di pengadilan tapi dia tidak pernah menerima keuntungan apapun. Album terakhirnya dirilis pada tahun 1995, dengan putrinya Marcia dengan judul "Roots Combination : Joe and Marcia Together (1995)".

 

The Father of Reggae!
Joe Higgs dijuluki sebagai "The Father of Reggae" karena banyak melahirkan musisi-musisi besar reggae seperti Bob Marley yang kita kenal sebagai King Of Reggae, Peter Tosh, Bunny Wailers, Jimmy Cliff.


 Joe Higgs mengajar Les Private Music di Trench Town, disanalah Bob dan Bunny Livingston bertemu Peter Tosh. yang kemudian membentuk Band Paling Fenomenal dalam genre Reggae, The Wailers.

"Joe Higgs adalah Saudara Wailers selama bertahun-tahun Ia dorongan. ia mengilhami kami dan membuat kami bersama-sama" - Peter Tosh (1976)

  "Kami memandang ke Joe Higgs Dia seperti wali musik untuk kita.. Dia adalah seorang penyanyi yang lebih profesional, karena ia bekerja selama bertahun-tahun dengan Roy Wilson Dalam Duo Higgs & Wilson. Mereka memiliki pengetahuan teknik harmoni, jadi dia mengajarkan kita (The Wailers). Dan dia membantu di studio"- Bunny Wailer (1980)


"Joe Higgs membantu saya memahami musik, Dia mengajarkan saya banyak hal.." - Bob Marley




Dengarkan Lagu dari Joe Higgs - So It Go

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Tanggal lahir ku adalah tgl 18 december 1999.
By Hendra Sma 10 Makassar

Unknown mengatakan...

Tanggal lahir ku adalah tgl 18 december 1999.
By Hendra Sma 10 Makassar

Posting Komentar

Komentar Anda!!!

 
Photobucket
Photobucket