Photobucket
Photobucket

Sabtu, 26 November 2011

Jacob "Killer" Miller


Jacob Miller Mantan Vokalis Band Inner Circle, Musisi yang sangat populer di Jamaika, bahkan kepopuleranya hanya dibawah seorang Bob Marley,  Jacob sempat ikut bermain dalam Film legendaris Reggae “ROCKERS” bersama beberapa musisi besar Reggae lainnya, Sayang Jacob meninggal  di usia yang masih muda 27 tahun,  akibat kecelakaan kendaraan bermotor  ditahun 1980. Beberapa minggu sebelum mengikuti tour di Amerika Bersama The Wailers & Bandnya Inner Circle untuk mempromosikan album Solonya “Mixed Up Moods” bekerjasama dengan Chris Blackwell (Island Records).

Jacob Matthias Miller lahir di Mandeville, Jamaika bagian Tengah, pada tanggal 4 Mei 1952. dari pasangan  Joan Ashman dan Desmond Elliot. Pada usia delapan tahun ia pindah ke ibukota Jamaika, Kingston. disana ia dibesarkan  oleh kakek dari pihak Ibunya. Di Kingston, Miller banyak menghabiskan waktu di "Studio One" studio musik terpopuler di Jamaika, milik Clement "Coxsone" Dodd. distudio ini dia merekam tiga lagu, lagu pertamanya adalah  "Love is a Message" pada tahun 1968, sayangnya lagu ini tidak terlalu populer, kemudian  Jacob merekam lagu di Studio milik Horace Swabby (Horace Swabby yang kemudian dikenal dengan nama Agustus Pablo, salah satu legenda music Dub). Bersama Augustus Pablo dia merekam lagu-lagu, seperti "Who Say Jah No Dread," "False Rasta," &  "Baby I Love You So" menariknya lagu "Baby I Love You So" menggunakan riddim asli dari Augustus Pablo yang berjudul  "King Tubby's Meets Rockers Uptown". Lagu-lagu ini yang kemudian membuat Jacob semakin terkenal di Jamaika.

Junior Murvin, Bob Marley, Jacob Miller & Chris Blackwell (Island Records)  

Inner Circle 1979

Jacob Miller & Roger & Ian Lewis (FatMan)


Kemudian Roger Lewis pemimpin Band  Inner Circle, mengajaknya untuk menjadi vokalis utama di band Inner Circle, band ini menjadi terkenal setelah bergabungnya Jacob Miller. Mereka menandatangani kontrak dengan Capitol Records pada tahun 1976 dan merilis dua album, selain bermain untuk band Jacob Miller juga sempat membuat beberapa album solo, Album Solo Pertamanya adalah “Tenement Yard” tahun 1976 (album ini kemudian dirilis ulang dengan nama “Dread Dread” ditahun 1978),  kemudian disusul dengan album ” Jacob 'Killer' Miller” tahun 1977, “Wanted” tahun 1978 (album ini kemudian dirilis ulang dengan nama “Meets The Fatman Riddim Section" tahun 1995), “Bald Head Justice” tahun  1978, Ital Christmas (Feat: Ray I) Tahun 1978 (album ini kemudian dirilis ulang dengan nama "Natty Christmas" (with: Ray I) tahun 1978), “Mixed Up Moods” tahun 1979 Album terakhir sebelum kematiannya. 

Album-album Jacob Miller yang dirilis setelah kematiannya :

- Is It War Is It Peace Tahun 1980 (Versi Dub dari Album "Mixed Up Moods")
- Lives On Tahun 1980 (Dirilis ulang dengan nama "I'm Just A Dread" tahun 1994)
- Unfinished Symphony Tahun 1983 (Album ini berisi Kumpulan lagu yang tidak dirilis, yang direkam antara     tahun 70-80an)
- Who Say Jah No Dread Tahun 1992 (Album ini berisi Kumpulan lagu terbaik Jacob Miller)
- The Best Of Inner Circle (Featuring Jacob Miller) Tahun 1992
- King Tubby Meets Jacob Miller In A Tenement Yard Tahun 2006 (berisi beberapa lagu kompilasi & Dub yang tidak pernah dirilis sebelumnya)

Kebanyakan album solo Jacob Miller dibantu oleh  Roger Lewis & Ian Lewis (teman di band Inner Circle), Ketiganya juga dijuluki “The Three FatMan” karena mereka bertiga memiliki berbadan besar. Jacob Miller adalah type orang orang yang mempunyai selera humor tinggi, dia sangat dekat sekali dengan Bob Marley bahkan setiap konser dia selalu memuji Bob Marley sebagai seorang Gurunya. Seperti kebanyakan musisi Reggae lainnya Jacob Miller adalah orang yang sangat kritis terhadap pemerintahan Jamaika, seperti dilagu “Roman Soldiers of Babylon” yang mengkritik usaha-usaha Politriks salah satu partai dalam pemilu 1976 di Jamaika.

Jacob Miller seorang “Pembunuh” di atas panggung, Seorang “Steppin Razor” sayangnya  ia tiada di usia yang masih sangat muda, saat semua orang mulai menyadari kekuatannya.(IM)


Download Album Jacob Miller - Who Say Jah No Dread (1992)

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda!!!

 
Photobucket
Photobucket