Photobucket
Photobucket

Minggu, 11 September 2011

Peter Tosh : Steppin Razor


11 September adalah hari 254 tahun (255 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian. Ada 111 hari tersisa sampai akhir tahun. Hal ini merupakan hari pertama tahun dalam kalender Koptik dan kalender Ethiopia.

Sedangkan pada tanggal dan bulan yang sama di tahun 1987. Peter Tosh, Seorang musisi reggae Jamaika meninggal karena dibunuh. Winston Hubert McIntosh atau yang lebih dikenal dengan nama Peter Tosh, lahir di kota kecil Grange Hill (Westmoreland, Jamaika) dari pasangan James McIntosh dan Alvera Coke, ibunya. Sebelum memilih untuk bersolo karir, Tosh merupakan pendiri dan juga anggota inti The Wailing Wailers (1963-1974). Menunjukkan kekuatan integritas pribadi dan artistik, dan menentang dalam kekuasaan otoriter sifat itulah yang dimilikinya. sifat seorang "Steppin Razor"


Tosh memandang musik bukan sebagai hiburan semata tapi juga penyampaian aspirasi. Secara tidak langsung semangat pemberontakan dalam musiknya telah mengilhami seniman dari semua garis. Sebagai seorang pemberontak untuk sebuah keadilan, sulit baginya untuk menghindari kekerasan-kekerasan yang menimpa dirinya. Beberapa kali Tosh diceploskan ke penjara dan mendapatkan serangan brutal dari pihak berwenang. Setelah keluar dari The Wailing Wailers, Tosh melanjutkan dengan bersolo karir, dan mendapatkan Grammy Award for Best Reggae Performance untuk album "No Nuclear War".

Pada tanggal 11 September 1987, tepat setelah Tosh kembali ke rumahnya di Jamaika. Tiga orang datang ke rumahnya meminta uang. Tosh menjawab bahwa ia tidak memiliki apapun tapi para perampok tidak percaya padanya. Seorang dari perampok itu adalah Leppo 'Dennis Lobban merupakan teman lama Tosh, menembakkan pistol tepat dikepala Tosh. Dennis Lobban dijatuhi hukuman mati, namun hukumannya itu diringankan selama tahun 1995 dan ia tetap di penjara.

"So there'll be no more
Police brutality
No more disrespect
For humanity"_Bush Doctor| Peter Tosh


Jamaika telah kehilangan sang legendaris juga revolusioner
tapi Tosh tidak akan pernah mati, dia selalu hidup disetiap karya2nya.

Peter Tosh - Igziabeher (1976)
 

1 komentar:

Anonim mengatakan...

anjrit gw baru tau, dia dah rest in peace

Posting Komentar

Komentar Anda!!!

 
Photobucket
Photobucket